Tugas Pokok dan Fungsi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016

BAGIAN PEMERINTAHAN

TUGAS:

melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan daerah, pengoordinasian perumusan kebijakan daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah, pelaksanaan pembinaan administrasi di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi daerah.

FUNGSI:

  1. Menyusun rencana kegiatan Bagian Pemerintahan, berdasarkan data dan program yang ditetapkan oleh asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat serta ketentuan perundang-undangan.;
  2. Menyampaikan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  3. Mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi daerah;
  5. Melaksanakan penyiapan bahan pengoordinasian perumusan kebijakan daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi daerah;
  6. Melaksanakan penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi daerah;
  7. Melaksanakan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi daerah;
  8. Melaksanaka penyiapan bahan pelaksanaan pembinaan administrasi pemerintah, Administrasi kewilayahan dan kerjasama dan otonomi daerah
  9. pelaksaaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang berkaitan dengan tugasnya.

 

SUB. BAGIAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN

TUGAS:

  1. Penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Administrasi Pemerintahan, berdasarkan data dan program yang ditetapkan oleh Bagian Pemerintahan serta ketentauan perundang-undangan;
  2. memimpin dan mendistribusikan tugas kepda bawahan;
  3. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;
  4. menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan daerah bidang Administrasi Pemerintahan;
  5. menyiapkan bahan perumusan kebijakan daerah bidang Administrasi Pemerintahan;
  6. menyiapkan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat;
  7. melaksanakan Fasilitasi dan Koordinasi pengusulan, pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati;
  8. mempasilitasi pengusulan Izin dan Cuti Bupati dan Wakil Bupati;
  9. menyusun bahan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD);
  10. menghimpun Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD);
  11. melaksanakan fasilitasi penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Organisasi Perangkat Daerah;
  12. melaksanakan fasilitasi dan koordinasi proses administrasi pergantian antar waktu pimpinan dan anggota legislatif;
  13. menyusun bahan Laporan Akhir Masa Jabatan ( AMJ ) Bupati;
  14. memfasilitasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah;
  15. menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah bidang administrasi pemerintahan; dan
  16. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan yang berkaitan dengan tugasnya;

 

SUB. BAGIAN ADMINISTRASI KEWILAYAHAN

TUGAS:

  1. penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Administrasi Wilayah, berdasarkan data dan program yang ditetapkan oleh Bagian Pemerintahan serta ketentauan perundang-undangan;
  2. memimpin dan mendistribusikan tugas kepda bawahan;
  3. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan
  4. melaksanakan fasilitasi dan koordinasi pembentukan, penghapusan, penggabungan dan pemekaran wilayah kecamatan dan/atau kelurahan;
  5. melaksanakan koordinasi penegasan batas daerah, kecamatan, kelurahan/ desa, serta nama lain dan/atau pemindahan ibukota kecamatan;
  6. melaksanakan fasilitasi toponimi dan pemetaan wilayah;
  7. menyiapkan bahan penetapan kode dan data kewilayahan;
  8. menyusun bahan kebijakan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat;
  9. menyusun bahan kebijakan pengelolaan dana kelurahan;
  10. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah bidang administrasi kewilayahan;
  11. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan yang berkaitan dengan tugasnya;dan

SUB. BAGIAN KERJASAMA DAN OTONOMI DAERAH

TUGAS:

  1. penyusunan rencana kegiatan Sub Bagian Kerjasama dan Otonomi Daerah , berdasarkan data dan program yang ditetapkan oleh Bagian Pemerintahan serta ketentauan perundang-undangan;
  2. memimpin dan mendistribusikan tugas kepda bawahan;
  3. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan
  4. melaksanakan fasilitasi dan koordinasi persiapan dan pelaksanaan Pemilihan Umum;
  5. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah bidang otonomi daerah;
  6. menyiapkan bahan perumusan kebijakan di bidang  kerja sama dalam negeri;
  7. melaksanakan pengolahan  data kerja sama daerah dalam negeri;
  8. melaksanakan pengendalian dan perumusan data hasil kerja sama daerah dalam negeri;
  9. melaksanakan fasilitasi Forum dan Asosiasi Pemerintah Daerah;
  10. melaksanaan    pembinaan    dan pengawasan kerja sama daerah dalam negeri yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah kabupaten;
  11. melaksanaan penyusunan   laporan hasil pelaksanaan  kerja  sama daerah dalam negeri;
  12. melaksanakan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan yang berkaitan dengan tugasnya;
  13. menyiapkan dan melaksanakan kegiatan hari-hari besar daerah; dan
  14. menyiapkan dan melaksanakan kegiatan hari-hari besar nasional.

Download file disini

Share Post :