(0362) 21985
pemerintahansetda@bulelengkab.go.id
Bagian Pemerintahan

Rapat Pembahasan Addendum Nota Kesepakatan dengan Pengadilan Negeri Singaraja Kelas IB

Admin pemerintahansetda | 12 Juli 2023 | 88 kali

Dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih optimal  kepada masyarakat pencari keadilan khususnya masyarakat kaum rentan di Kabupaten Buleleng, Pengadilan Negeri Singaraja Kelas IB mengajukan permohonan untuk mengaddendum Nota Kesepakatan tentang Peningkatan Pelayanan Lembaga Peradilan di Kabupaten Buleleng yang pada Tahun 2022 sudah dilaksanakan penandatanganan. 

Rapat hari ini dipimpin oleh Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Buleleng selaku Sekretaris TKKSD Kabupaten Buleleng dengan dihadiri oleh jajaran dari Pengadilan Negeri Singaraja Kelas IB, Perwakilan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Kabid PPA Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng beserta TKKSD Kabupaten Buleleng.

Dalam rapat ini membahas terkait dengan penambahan dan/atau perluasan cakupan ruang lingkup yang diatur pada Nota Kesepakatan sebelumnya yaitu Penyediaan Psikolog/pendamping sosial dalam kaitannya dengan pendampingan bagi korban atau saksi dalam tindak pidana kekerasan seksual atau tindak pidana lainnya. Yang dalam pelaksananaannya yaitu penyediaan fasilitas berupa ruang trauma healing.

Tawaran ini sangat disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng, dimana selama ini di dalam pelaksanaan pendampingan baik bagi perempuan maupun anak-anak sebelum memasuki areal tempat persidangan sangat memerlukan mental kuat, jadi dengan adanya ruangan trauma healing dengan pendampingan psikolog ini sangat membantu bagi korban, sehingga dapat menjalani proses persidangan dengan baik.

Dalam rapat kali ini, jajaran dari Pengadilan Negeri Singaraja juga memaparkan secara umum terkait inovasi program HUMBLE (Halo Kaum Difabel) dimana program ini pada intinya melakukan reservasi bagi para masyarakat pencari keadilan khusunya kaum rentan yang membutuhkan layanan sarana dan prasarana selama bersidang di Pengadilan Negeri Singaraja.

Untuk mendapatkan layanan fasilitas tersebut, masyarakat dapat mengunduh formulir appointment bantuan layanan difabel pada : https://www.pn-singaraja.go.id